Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan

 Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan dapat di definisikan sebelum besar menjadi kawan dan ketika besar menjadi lawan.Apa yang di maksud dari sebuah kalimat Kecil Jadi Kawan .Kecil jadi kawan dapat kita artikan sebagai simbol bahwa kawan dapat menjadi lawan yang sangat menjengkelkan.Maka dari itu kita harus menjaga kawan kita agar tidak liar sehingga menjadi lawan dan mengakibatkan kerugian.Meskipun kawan kitapun juga perlu hati di saat mereka liar menjadi lawan.

 Apakah anda mengerti siapakah kawan yang menjadi lawan ?.Di maksud dengan kata "Kawan"adalah API yang bisa kita ibaratkan ketika api tersebut kecil menjadi kawan.Dengan kata lain kawan yaitu menjadi kawan di saat kita membutuhkan.Contohnya mudah sekali bisa kita lihat bahwa API sebagian dari kebutuhan sehari hari yaitu dibuat untuk memasak dan masih banyak lagi kegunaannya.Meski banyak sekali kegunaanya API juga memiliki hal negatifnya.Negatifnya yaitu menjadi lawan yang sulit di taklukkan. Mudah sekali untuk di bayangkan apa yang terjadi jika API menjadi besar dan liar.Itulah yang di maksud dengan sebuah kalimat
Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan .

 Kesimpulannya adalah bahwa kita haruslah menjaga API supaya ketika menjadi besar tidaklah liar untuk berubah dari kawan menjadi lawan.Biasanya API sering di sebut julukanya ketika sedang marah dengan sebuatn Si Jago Merah.Jago Merah keluar ketika terjadi kebakaran.


 Maka pencegahan kebakaran haruslah di terapkan dengan beberapa tips dan trik untuk mencegah terjadinya API menjadi lawan sebagai berikut :


1. Waspadalah kepada Rokok

Janganlah membuang puntung rokok di sembarang tempat

2. Waspadalah kepada Penerang Api
Ketika menggunakan alat penerangan api seperti API lilin dan lampu tempel semprong maka jangan sekali kali lalai dalam hal ini untuk mengawasi selalu dan tidak menaruh sembarangan tempat yang berakibat terbakarnya benda yang ada di sekitarnya.


3. Waspadalah dengan Anak-Anak dan Lansia
Jauhkanlah benda-benda yang berapi atau yang dapat mengeluarkan api. 


4. Waspada & Rawat Perangkat Listrik dan Perangkat Api
Rawatlah dengan baik dan rutin kompor gas, setrikaan, mejik jar, solder, kabel-kabel listrik dan perangkat listrik dan api lainnya. 


5. Siapkanlah Perangkat Pemadam Kebakaran Ringan
Jika bangunan cukup besar gunakan  pemancar air, selang penyemprot air, dan lain sebagainya. 


6. Selalu mlakukan Pembinaan dan Sosialisasi Kebakaran
Berikan penyuluhan kepada seluruh anggota keluarga, pegawai/karyawan kantor, siswa guru sekolah, buruh pabrik, dan sebagainya.


7. Waspadalah Kepada Lingkungan Sekitar
Kebakaran juga bisa akibat dari bangunan sebelah yang terbakar sehingga bangunan kita ikut menjadi korban karena api bisa membesar. Jadi jauhilah dan cegahlah kebakaran karena anda tahu seberapa bahayanya kebakaran itu terjadi.


  Cukup sudah dari artikel ini yang telah memberi kesempatan saya untuk Berbagi Informasi kepada anda akan gerakan anti kebakaran dan pencegahan kebakaran.Semoga artikel ini berguna bagi anda dan tak lupa untuk mengucapkan terima kasih karena telah membaca artikel ini hingga akhir kata.Saya akhiri wassalamualaikum.wr.wb.



Related Posts :